10 Aplikasi Video Conference yang Bisa Anda Gunakan untuk Meeting

  • Whatsapp

10 Aplikasi Video Conference – Semenjak datangnya wabah virus corona menyerang indonesia, banyak sekali perusahaan-perusahaan yang memperkerjakan kariawannnya dari rumah bahkan pemerintahan pun juga demikian. Dalam hal ini, membuat kebutuhan akan aplikasi video conference semakin tinggi.

Berkat aplikasi ini, interaksi tatap muka tetap bisa dilaksanakan meskipun tidak bertemu secara langsung. Koordinasi antar tim pun menjadi semakin mudah karenanya. Aplikasi apakah itu? Nah, duadigits.com akan berbagi mengenai 10 Aplikasi Video Conference yang Bisa Anda Gunakan untuk Meeting.

10 Aplikasi Video Conference

Baca Juga : Tempat Streaming TV Indonesia Terbaik

1. Zoom

10 Aplikasi Video Conference - Aplikasi Zoom

Aplikasi Zoom merupakan aplikasi video conference yang sedang naik daun, karena banyak sekali perusahaan yang menggunakan aplikasi ini semenjak datangnya wabah virus corona. Aplikasi ini memberikan kapasitas hingga mencapai 1.000 orang, sehingga membuat aplikasi ini sangat baik untuk Anda gunakan.

Zoom memberikan fitur tidak hanya untuk konferensi video saja, akan tetapi juga bisa audio conference, recording meeting, dan juga live chat yang sangat membantu kita dalam menjalankan meeting dengan rekan kerja.

Dalam menggunakan aplikasi zoom ini ada beberapa versi penggunaannya, yang pertama, ada Zoom Free anda bisa menggunakannya secara gratis namun dengan batasan waktu 40 menit dalam sekali konferensi. Kedua, Zoom Pro dalam menggunakan zoom akan memberikan taguhan sebesar USD 14,99 per bulan per meeting host. Sedangkan yang ketiga, Zoom Business dengan paket zoom yang membandrol paket ini seharga USD 19,99 per bulan per meeting host yang menawarkan fitur branding perusahaan, dukungan layanan spesial, dan transkrip meeting.

2. Google Hangouts & Google Meet

Google Meet Video Aplikasi Video Conference

Dalam pengembangan aplikasi untuk video conference google juga memberikan can menyediakan dua aplikasi, yaitu Google Hangeout dan Google Meet.

Hangeout sudah ada sejak lama dan ini merupakan cara cepat, gratis dan mudah untuk melakukan video conference dalam team kecil. Hal tersebut dikarenakan hangeout memang membatasinya dengan 25 peserta saja. Sedangkan pada Meet mampu dan bisa anda menambahkan peserta audience hingga 250 peserta dalam sekali tayang.

Karena Google lebih mengembangkan video conference dalam Meet, google menambahkan fitur yang lebih lengkap dalam kebutuhan video conference. Google menyisipkan Hangeout dan Meet kedalam fitur gmail, sehingga dalam menggunakan aplikasi ini anda cukup login kedalam gmail Anda.

3. Microsoft Teams

Microfot Teams

Tidak mau kalah dengan Google, Microsoft juga mengeluarkan aplikasi yang bisa anda gunakan untuk video conference yaitu Microsoft Teams. Aplikasi ini merupakan aplaikasi pengganti dari layanan Skype for Business.

Fitur lain dari aplikasi ini adalah anda bisa melakukan pesan instan, telepon biasa dan kolaborasi dokumen dalam satu aplikasi saja. Selain itu juga Microfot juga menambahkan aplikasi ini kedalam aplikasi Microsoft Office 265, sehingga Anda bisa menyelesakain dokumen secara bersama-sama.

Kapasitas yang diberikan hingga 10.000 orang dalam sekali conference, sehingga anda bisa menggunakan aplikasi ini untuk webinar dan presentesasi, atupun rapat dalam sekala besar.

4. Whatsapp

Whatsapp

Facebook saat ini telah mengembangkan Whatsapp yang saat ini sudah banyak sekali penggunanya. Pada umumnya, whatsapp digunakan untuk melakukan chatting, namun aplikasi ini juga memberikan fitur untuk berbagai hal, salah satunya adalah bisa melakukan video call, dengan beberapa orang

Dalam melakukan video call mampu membuat group dan bisa menambahkan orang hingga 16 sampai 32 orang, sehingga bisa kita gunakan untuk video conference sekala kecil. Hanya saja, anda tidak dapat menggunakan fitur video call komputer. Anda harus menggunakan smartphone untuk bisa melakukan vide conference bersama rekan satu team.

5. GoToMeeting

Go To Meeting

GoToMeeting adalah aplikasi yang juga bisa anda gunakan untuk video conference yang mempunyai banyak sekali fitur. Sama seperti aplikasi lainnya, GoToMeeting juga mempunyai fitur live chat, dan sebagainya.

Selain itu, aplikasi ini mempunyai fitur untuk membuat ruang meeting virtual sendiri dengan link sendiri, sehingga mumingkian sangat menjadi privasi dari kegiatan meeting atau video conference yang anda lakukan.

Fitur yang menarik dari aplikasi ini adalah Commuter Mode yang bisa menghemat paket data anda.

6. Facetime

10 Aplikasi Video Conference Facetime

Selain google dan microsoft, Apple juga merilis aplikasi video conference yaitu Facetime. Namun, anda harus memiliki perangkat Apple seperti iPhone, iPad, iMac dan juga Macbook untuk bisa menggunakan aplikasi ini, karena memang Facetime hanya terdapat di dalam Apple saja.

Aplikasi ini terbilang cukup mudah dalam menggunakannya karena mempunyai tampilan Interface yang cukup sederhana, sehingga pengguna mudah mengerti.

7. Cisco WebEx

Webex

Cisco WebEx merupakan aplikasi video conference terbaik, karena memang mampu menghasilkan kualitas gambar yang baik selama berjalannya sesi tayang konferensi. Selain itu, dengan menggunakan Cisco WebEx , pelaku bisnis bisa melakukan video conference berskala besar dengan jumlah karyawan yang sangat banyak.

WebEx menyediakan empat paket yang bisa anda gunakan. Paket Free, mempunyai batasan maksimum 100 peserta dalam menggunakannya. Kedua ada paket Starter dengan harga USD 14,95 per bulan, Ketiga ada paket Plus dengan harga USD 19,95 per bulan dan yang terakhir ada paket Bisiness dengan harga USD 29,95.

8. Jitsi

10 Aplikasi Video Confernece Jitsi

Jitsi merupakan layanan video conference yang gratis, dan tidak perlu mengeluarkan biaya untuk menggunakan aplikasi ini. Maka dari itu, tidak ada paket premium atau berbayar lainnya pada Jitsi.

Meskpun begitu, fitur Jitsi terbilang cukup lengkap yaitu screen sharing, mengedit dokumen bersama dengan menggunakan Etherpad, bertukar pesan selama meeting, dan jumlah peserta yang hampir tidak terbatas. yang lebih menarik dari jitsi adalah mempunyai fitur yang bisa menghubungkan ke live youtube streaming.

9. UberConference

UberConference

UberConference memberikan solusi konferensi yang sederhana dan langsung bisa anda gunakan untuk melakukan video conference dengan gratis.

Aplikasi ini memberikan fitur bisa melakukan panggilan hingga 10 peserta dengan durasi sekitar 45 menit, selain itu juga Anda bisa melakukan berbagi layar, merekan layar dan video HD.

10. Bluejeans

Bluejeans

Aplikasi video conference yang terakhir adalah Bluejeans. Aplikasi Bluejeans mempunyai keunggulan pada sistem audionya yang superior dengan menggunakan DolbyVoice yang secara dinamis bisa menyesuaikan volume microfon masing-masing.

Fitur lainya anda bisa mengatur exposur dan posisi kamera. Hal tersebut, adalah untuk memastikannya bahwa segala sesuatu di ruangan bisa membuatnya menjadi layar dalam keadaan utuh.

Kesimpulan

Demikian pembahasan mengenai 10 Aplikasi Video Conferensi yang bisa Anda gunakan untuk Meeting. dari semua aplikasi pasti mempunyai keunggulan dan kekurangannya.

Semoga pembahasan kali ini bermanfaat untuk Anda dan kita semua. Mari kita dukung pemerintah dalam menangani virus corona, tetap di rumah dan patuhi protokol kesehatan.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *