Cara Mengatasi HP Lemot yang Terbukti Ampuh

  • Whatsapp

Cara Mengatasi HP Lemot – Bagi anda yang menemukan artikel ini, tentunya mempunyai masalah yang sama. Ya, smartphone atau hp yang anda miliki pasti terjadi lemot. Hal ini tentunya membuat kesal. Nah, kali ini mimin akan membagikan tips Cara Mengatasu HP Lemot yang terbukti ampuh.

Cara Mengatasi HP Lemot

Baca Juga : Jaringan 5G di Indonesia, TV Analog Pindah Digital?

Saat ini, banyak sekali vendor gedget yang mengembangkan smartphone. Namun, diantara sistem operasi yang untuk smartphone, Android merupakan sistem operasi mobile yang paling cepat pengembangannya. Hal tersebut terbukti saat iPhone masih menggunakan RAM 1GB, Android sudah menggunakan RAM 4 GB. Bahkan saat ini telah banyak smartphone yang terpasang RAM 8 GB, dengan tujuan smartphone tidak mengalami lemot.

Dalam beberapa kondisi HP yang anda miliki akan terasa lemot, meskipun HP Anda memiliki RAM yang besar. Nah sebelum masuk ke dalam inti pembahasan sebaiknya anda perlu tau kondisi yang bisa menyebabkan smartphone anda lemot.

Penyebab HP Menjadi Lemot

Berikut penyembab dari HP android yang menjadi lemot, yang mungkin telah anda lakukan sebelum terjadi lemot.

  • Menginstall Banyak Aplikasi
    Hal pertama yang perlu anda perhatikan adalah dalam menginstall aplikasi. Karena terlalu banyak menginstall aplikasi, membuat kapasitas RAM dan memori internal HP Android menjadi penuh. Sebelum anda memasang berbagai aplikasi sebaiknya periksa kembali kapasitas penyimpanannya.
  • Membuka Banyak Aplikasi
    Aplikasi yang terbuka akan menggunakan RAM, sehingga terlalu banyak aplikasi yang terbuka menjadikan RAM semakin penuh.
  • Kinerja Baterai Menurun
    Pemakaian baterai yang sudah lama memengaruhi pemrosesan program dan memori smartphone secara keseluruhan. Oleh sebab itu, penting juga untuk merawat daya tahan baterai.
  • RAM dan Memori Flash Storage mengalami Degradasi
    RAM dan memori flash storage juga bisa mengalami penurunan layaknya baterai. Penyebabnya antara lain adanya aktivitas penulisan dan penghapusan data yang ternyata dapat mengurangi performanya. Efeknya, potensi HP lambat pun semakin besar.
  • Update Sistem Operasi Tidak Sesuai Kebutuhan
    Melakukan update sistem operasi memang penting untuk kamu lakukan karena sering kali update semacam ini dapat memengaruhi peningkatan kinerja. Namun, ada juga update yang memakan space tersendiri di memori internal. Nah, hal inilah yang patut kamu pertimbangkan.

Cara Mengatasi HP Lemot

Setelah mengetahui penyebab HP menjadi lemot, maka sekarang waktunya anda untuk mengantisipasinya. Berikut ada beberapa cara yang bisa anda lakukan yang terbukti ampuh untuk mengatasi HP lemot.

1. Memberikan Cache Secara Rutin

Cache adalah penyimpanan sementara data pada aplikasi yang membantu mengurangi proses loading saat membuka aplikasi. Namun, terlalu banyak cache yang tersimpan bisa mengakibatkan HP menjadi lemot. Karena memang cahce juga bisa menghabiskan space memori Anda. Untuk itu sebaiknya Anda menghapus chace secara rutin.

Anda bisa membersihkan cache dengan menggunakan aplikasi cache cleaner yang bisa anda cari di Playstore. Selain itu, membersihakan cache bisa Anda lakukan dengan masuk ke pengaturan HP anda dan bersihkan data atau cache dari setiap aplikasi terpasang.

2. Mematikan Aplikasi yang Berjalan

Saat anda selesai menggunakan aplikasi, terkadang aplikasi tidak sepenuhnya tertutup. Namun, aplikasi tersebut hanya terminimaize sehingga aplikasi tersebut masih akan terus berjalan. Hal tersebut mengakibatkan RAM menjadi penuh.

Cara untuk menutup aplikasi yang tidak lagi anda gunakan adalah dengan menampilkan semua list aplikasi berjalan dan klik tombol tutup semua. Anda juga bisa menutup aplikasi satu persatu dengan masuk ke menu pengaturan.

3. Menambahkan Memori Eksternal

Memori merupakan komponen untuk menyimpan data baik itu foto, video dan lain sebagainya. Saat ini, memang sudah banyak sekali HP yang menambahkan memori internal yang cukup besar. Namun, selang beberapa waktu pasti memori tersebut akan penuh. Untuk itu, sebagiknya gunakan memori eksternal sebagai penyimpanan data pribadi anda dan plotkan memori internal hanya untuk menyimpan data kebutuhan sistem operasi. Hal ini bisa meringakankan beban memori internal yang tadinya menyimpan semua data.

4. Menginstall Aplikasi yang Anda Butuhkan

Smartphone tanpa aplikasi bukan lagi menjadi smartphone. Namun, sebaiknya anda menggunakan aplikasi yang hanya anda butuhkan saja. Dan buang semua aplikasi yang tida terpakai.

Baca Juga : Tempat Streaming TV Indonesia Terbaik

5. Tidak Perlu Menggunakan Antivirus

Banyak yang orang beranggapan HP lemot disebabkan karena virus yang menyerang. Padahal, jika Anda jarang mengkoneksikannya dengan gadget lain, maka kecil kemungkinannya ada virus tersebut. Jadi, sebenarnya HP Android tak memerlukan anti-virus.

Kamu cukup menggunakan satu aplikasi anti-virus saja yang biasanya sudah terpasang langsung sebagai aplikasi bawaan HP itu.

6. Memperbarui Sistem Operasi

Notifikasi update software yang sering kamu abaikan ternyata membuat performa HP jadi lemot, loh. Ya, software yang ter-update otomatis mempunyai fitur yang meningkat yang menyebabkan performa HP semakin oke juga. Makanya, enggak ada salahnya kok rutin mengupdate software begitu versi terbaru tersedia.

Namun, sebaiknya anda juga memperhatikan spesifikasi HP yang anda gunakan, jangan sampai Anda update juga menjadikan memori penuh.

7. Tidak Perlu Menggunakan Tema

Menginstall tema memang bisa membuat tampilan interface HP menjadi lebih menarik dan unik. Namun, hal tersebut juga bisa mengakibatkan HP menjadi lemot, karena memori juga semakin menipis. Untuk itu, sebaiknya gunakan tema bawaan dari HP anda.

8. Kurangi Menggunakan Widget

Widget bisa anda gunakan untuk mempercepat akses ke beberapa aplikasi tanpa harus mencarinya ke daftar aplikasi terpasang. Namun, terlalu banyak widget juga bisa akan menyita konsumsi RAM yang lebih besar. Sehingga mengakibatkan HP anda menjadi lemot.

Maka dari itu, kurangi penggunaan widget untuk mengatasi HP lemot.

9. Matikan Auto-Sync

Agar anda bisa tetap menghubungkan HP android dengan semua akun yang aplikasi yang terpasang adalah dengan mengaktifkan Auto-Sync. Namun hal ini berdampak besar pada kinerja Android anda. Maka mematikan Auto-Sync sangat bermanfaat untuk mengatasi HP anda yang lempt, namun berdampak anda harus manual membuka aplikasi seperti Email atau Calendar.

Untuk bisa mengatur agar Android kamu tetap terhubung di saat penting, dan otomatis mematikan Auto-Sync di jam santai, kamu bisa menggunakan aplikasi tambahan yang berguna.

10. Kembali ke Pengaturan Pabrik

Jika anda sudah melakukan semuanya namun belum berhasil, maka Anda bisa mereset kembali ke pengaturan pabrik (factory reset). Namun, perlu anda perhatikan bahwa factory reset akan menghapus semua data dan aplikasi di HP Anda. Untuk itu, ada baiknya kamu membuat back up data terlebih dulu sebelum melakukannya.

Kesimpulan

Mempunyai HP atau Smartphone yang lemot memang merupakan hal yang menjengkelkan. Untuk itu, ada beberapa hal yang pelu anda perhatikan dalam merawat dan menggunakan HP yang anda miliki. Pembahasan artikel kali ini, semoga bisa membantu memberi pemahaman mengenai cara mengatasi HP lemot.

Demikian pembahasan artikel kali ini, semoga pembahasan pada artikel ini bermanfaat untuk anda dan kita semua. kunjungi terus duadigits.com untuk bisa mendapatkan informasi menarik lainnya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *