Cara Mengembalikan File yang Terhapus di Laptop

  • Whatsapp

Cara Mengembalikan File yang Terhapus – Apakah anda mempunyai data atau file yang terghapus atau hilang? Apakah Data tersebut merupakan data yang sangat penting sehingga Anda menemukan artikel ini? Yaps. Artikel ini bisa memberikan solusi untuk Anda cara mengembalikan data yang terhapus di laptop.

Tentunya sangat menyebalkan sekali, apabila kita mempunyai data atau file di laptop dan ternyata hilang. Ada beberapa penyebab hilangnya file tersebut. Bisa dikarenakan terhapus dikarenakan virus dan juga bisa dikarenakan kita yang tidak sengaja menghapusnya. Nah pertanyaannya adalah, Apakah file tersebut bisa dikembalikan?

Baca Juga : Cara Mengembalikan File yang Terhapus di Flashdisk

cara-mengembalikan-file-yang-terhapus-di-laptop

Pada dasarnya, file yang Anda hapus di dalam sebuah laptop tidaklah bener-benar hilang di komputer tersebut. Hanya saja, Anda perlu mencoba beberapa langkah untuk bisa mengembalikan file seperti sedia kala. Bagaimana langkah-langkah percobaan tersebut? Berikut cara mengembalikan file yang terhapus di laptop :

Cara Mengembalikan File yang Terhapus di Laptop

Periksa Pada Recycle Bin

Recycle Bin merupakan fitur bawaan dari sistem operasi yang digunakan untuk menampung data yang telah dihapus sebelum file tersebut benar-benar dihapus. Sehingga, ketika Anda menghapus data atau file pada sebuah komputer atau laptop, data tersebut tidak benar-benar terhapus dan masih terseimpan pada Recycle Bin.

Nah, langkah pertama untuk mengembalikan file tersebut adalah periksa dulu file Anda pada Recycle Bin. Untuk mengembalikan data yang masih tertampung pada recycle bin, cukup dengan klik file yang akan dikembalikan kemudian pilih restore, maka file yang ada pada recycle bin tersebut akan kembali ke tempat awal file tersebut disimpan dan Anda bisa menggunakan file tersebut kembali.

Fitur Restore Previous Versions

Ketika kita sudah memeriksa pada Recycle bin dan ternyata tidak ditemukan, Apakah file tersebut sudah hilang? Jawabannya adalah tidak. Kita masih bisa mengembalikannya dengan menggunakan fitur Restore Previous Versions.

Langkah ini masih tergolong mudah, karena Anda tidak perlu menginstal aplikasi atau software khusus untuk mengembalikannya. Anda cukup mengaktifkan fitur Restore Previous Version pada laptop atau komputer Anda. Bagaimana caranya? Berikut penjelasannya.

Mengaktifkan Restore Previous Version :

  1. Klik start, kemudian klik kanan pada Computer dan pilih properties.
  2. Selanjutnya pilih System Protection.
  3. Pilih partisi yang akan diaktifkan, kemudian klik Configure.
  4. Pilih Restore system settings and previous version of files dan klik tombol Apply.

Baca Juga : Memahami System Restore pada Windows

Menggunakan Restore Previous Version :

  1. Buka folder dimana data telah terhapus sebelumnya.
  2. Lalu klik kanan, dan pilih properties.
  3. Setelah terbuka kemudian pilih tab Previous versions, untuk melihat daftar foder atau file yang telah terhapus.
  4. Kemudian pilih folder yang ingin Anda kembalikan. Selanjutnya klik tombol restore.

Menggunakan Software Recovery

Jika langkah-langkah percobaan yang dijelaskan diatas masih belum bisa mengembalikan data atau file Anda seperti semula, langkah terakhir adalah dengan menggunaakan software recovery. Banyak sekali software recovery yang bisa Anda gunakan, baik yang disediakan secara gratis maupun berbayar. Berikut software recovery yang bisa Anda gunakan :

  1. Recuva
  2. Wise Data Recovery,
  3. MiniTool Partition Recovery,
  4. PC Inspector File Recovery.

Tips Melindungi Data Pada Laptop

Terhapus atau hilangnya data merupakan hal diluar dugaan yang sering terjadi. Terutama bagi Anda yang aktif menggunakan komputer atau laptop dalam kegiatan sehari-hari. Untuk mencegah hilangnya data data tersebut, alangkah baiknya anda mengikuti tips berikut supaya data Anda lebih terjaga dari kemungkinan yang tidak diinginkan.

1. Back-up Data Secara Berkala

Hal ini memang sering diremehkan oleh sebagian besar penggunakan komputer. Melakukan back-up secara berkala sangat penting, terutama untuk data kruasial seperti data penting perusahaan, data skripsi atau yang lainnya. Backup data bisa anda lakukan dengan menggunakan hardisk ekternal, ataupun flashdisk.

2. Gunakan Teknologi Cloud Computing

Menyimpan data dalam Cloud Computing merupakan sistem penyimpanan data yang tersimpan di dalam server online. Hal ini digunakan untuk mencegah dari hilangnya data akibat virus, system error, bencana alam, kehilangan dari sisi hardwarenya, ataupun kerusakan pada hardisk. Server online yang bisa anda gunakan bisa Google Drive, Dropbox dan masih banyak lagi.

Penutup

Itulah cara mengembalikan file yang terhapus di laptop secara disengaja, tidak disengaja, ataupun yang terkena virus. Namun, berdasarkan pengalaman mimin, langkah tersebut tidak semuanya bisa mengembalikan data secara sempurna. Ada beberapa kasus yang memang sudah tidak bisa lagi data tersebut dikembalikan ataupun kasus filenya rusak. Jadi untuk menangani kejadian yang tidak dinginkan, mimin sarankan untuk menggunakan tips untuk meminimalisir hilangnya data. Semoga dapat bermanfaat.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *