Jaringan 5G di Indonesia, TV Analog Pindah Digital?

  • Whatsapp
Jaringan 5G di Indonesia
sumber foto : teknologi id

Jaringan 5G di Indonesia, TV Analog pindah Digital?. Sudah sejak lama wacana dikembangkannya jaringan 5G di berbagai negara termasuk di negara kita. Beberapa Negara besar sudah menerapkan jaringan 5G di sana, seperti Negara Arab Saudi, Hongkong, Australia, Korea Selatan, Kanada dan Swiss.

Lalu bagaimana dengan Indonesia? apakah sudah menggunakan jaringan 5G. Indonesia sendiri sejauh ini belum menerapkan Jaringan 5G karena beberapa kendala. Ada beberapa kendala yang dihadapi Indonesia untuk mengembangkan Jaringan 5G ini. Namun yang akan duadigits bahas disini adalah masalah tentang frekuensi yang dipakai untuk penyelenggaraan Tv Analog atau UHF.

Kemudian apa hubungan frekuensi Tv Analog dengan Jaringan 5G?. Jadi Tv Analog itu menggunakan Frekuensi 700 Mhz. Padahal Frekuensi 700 Mhz ini bisa digunakan untuk Jaringan 5G. Penggunaan Frekuensi 700 Mhz untuk Tv Analog dinilai pemborosan.

Baca Juga : Alternatif Nonton RCTI yang gelap

Apa yang direncanakan pemerintah untuk mengatasi hal ini tentunya sudah dipikirkan. Satu cara yang mungkin direalisasikan adalah dengan migrasi Tv Analog ke Tv Digital. Namun migrasi Tv dari Analog ke Digital tidak bisa dilakukan begitu saja. Perlu waktu yang cukup lama untuk melakukannya.

Sebenarnya sekarang sudah ada beberapa stasiun Televisi yang migrasi dari Analog ke Digital. Seperti Trans Tv, Trans7, TVRI dan MetroTV. Namun dengan jangkauan yang masih terbatas, tidak semua daerah dapat menerimanya.

Masyarakat juga diharap berperan dalam pengembangan Jaringan 5 G di Indonesia. Misalnya ketika Tv analog resmi dihapus dan pindah ke Tv Digital tentu masyarakat harus mempunyai perangkat receiver untuk penggunaan Tv Digital. Receiver ini bisa didapat di toko elektronik Televisi atau online shop.

Baca Juga : Merubah TV biasa jadi TV Android

Kesimpulan

Ada beberapa masalah yang harus diselesaikan pemerintah untuk pengadaan Jaringan 5 G di Indonesia. Sepertinya Indonesia masih membutuhkan beberapa tahun untuk bisa menikmati layanan internet super cepat ini. Mengingat Jaringan 4G saja belum sepenuhnya merata di sudut-sudut daerah Indonesia. Jadi kita mesti harus sabar menantikan kehadiran Jaringan 5 G ini.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *