Youtube Menambahkan Fitur Belanja Online, Bisa Langsung Beli Produk

  • Whatsapp

Youtube Menambahkan Fitur Belanja Online – Tahukah kamu? Youtube saat ini sedang mengembangkan fitur baru, yaitu platform yang bisa anda gunakan untuk melakukan belanja online. Namun, fitur ini masih tahap uji coba loh. Jadi harap bersabar yah!

Baca Juga : Nonton Youtube tanpa iklan di Televisi

Youtube Menambahkan Fitur Belanja Online

Youtube Menambahkan Fitur Belanja Online

Google saat ini sedang menambahkan fitur baru di platform video sharing-nya. Dengan adanya fitur tersebut, nantinya akan mempermudah semua pengunjung yang menonton video dan bisa langsung membeli produk yang muncul pada halaman tersebut.

Mungkin, sebagian penonton akan merasa tergangung dengan adanya iklan yang muncul pada video yang mereka tonton. Apalagi jika iklan tersebut berdurasai panjang, tentunya iklan tersebut akan menghabiskan lebih banyak kuota internet. Biasaya yang merasa terganggu, akan melewatkan iklan sehingga penonton tidak menontonnya secara penuh.

Nah, dari masalah tersebut kini Youtube akan mencari cara agar penonton tidak sering-sering melompati iklan, yakni dengan menjadikan iklan yang muncul sebagai media belanja online. Artinya, penonton bisa langsung membeli barang atau produk yang muncul pada iklan di halaman video Youtube.

Pengembangan fitur belanja online yang youtube kembangkan ini, muncul ketika pembelian produk melalui situs-situs belanja online sedang tumbuh selama pandemi Covid-19. Hal tersebut menyebabkan banyak orang lebih memilih membeli online daripada keluar rumah.

Dilansir kompas.com, Youtube menyampaikan ada sebanyak 70 persen konsuumen yang mengaku membeli produk sebuah brand setelah menonton video di Youtube.

Caranya untuk Menggunakan Fitur ini?

Kemudian, bagaimana caranya untuk menggunakan fitur ini? Berdasarkan penjelasan kompas.com. Untuk menggunakan fitur ini, para pengiklan harus melakukan sinkronasi feed Google Merchant Center ke video iklan.

Kemudian, pengiklan bisa menggunakan tombol “call to action” dengan produk terlaris yang ingin mereka tampilkan di iklan yang menarik trafik penonton, lalu mengarahkan mereka ke halaman resmi pengiklan.

Dalam tahapan uji coba, Youtube menggandeng brand pakaian Aerie. Aerie menjelaskan bahwa dari kerjasama ini menaikan balik modal sebesar 25 persen dari belanja iklan dari tahun lalu.

Selain itu, youtube juga memperkenalkan fitur Video Action Campaigns. Fitur tersebut akan mendistribusikan video iklan secara otomatis ke beranda Youtube, halaman saat menonton Youtube dan ruang mitra video Youtube.

Dalam hal ini, youtube bukan satu-satunya platform yang menyediakan ruang bagi pengiklan untuk memperluas kampanye bisnisnya.

Facebook dan Instagram lebih dulu menyediakan fitur semacam itu. Media sosial ini telah merilis fitur belanja online pertamanya bernama Facebook Shop pada bulan Mei lalu. Dengan Shops, orang-orang bisa membeli tanpa harus meninggalkan laman Facebook atau Instagram mereka.

Kesimpulan

Pada dasarnya, Youtube menyedikan fitur belanja online ini bertujuan untuk memudahkan produsen dari produk dalam segi pengiklanan dan memudahkan penonton dalam membeli sebuah produk. Hal tersebut telah terbukti saat youtube mengujikan dengan brand pakaian Aerie.

Demikian informasi mengenai fitur Youtube menambahkan belanja online di halaman video mereka. Semoga pembahasan kali ini bermanfaat untuk anda. Kunjungi terus duadigits.com untuk mendapatkan informasi berita seputar teknologi lainnya. Terima Kasih.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *